Thursday, July 23, 2009

A Place for Urban Socialita: Taman Ayodya

Rabu, 8 Juli 2009, 5.00 WIB, Taman Ayodya, Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.



Ayzar really enjoyed the ambiance, he became an urban Socialita







Urban Park ini benar-benar jadi tempat jeda sejenak di tengah-tengah kota. Disponsori oleh Indosat, taman ini jadi lebih berfungsi dan bermanfaat dibandingkan yang dulu. Setelah dulunya dipakai sebagai salah satu sumber air (katanya) di kawasan Barito ini, dan kemudian berubah fungsi dengan dikelilingi oleh kios-kios penjual bunga dan ikan. Untung pemda bisa mengambil inisiatif untuk mengubahnya kembali menjadi taman kota dengan node sebuah water body. Kalau bicara design style, ntar dulu ah, yang penting desain sekarang terpakai dan berfungsi.

Datanglah sore-sore hari jumat, sabtu dan minggu, benar-benar jadi destinasi baru buat warga untuk beristirahat dan bersosialisasi, bahkan berkarya. Coba semua taman-taman per distrik Jakarta direhabilitasi kembali menjadi taman yang sebenarnya...dan taman itu lalu menjadi tengaran dan orientasi kota.. Jakarta menjadi lebih menyenangkan! Taman yang terbuka buat warga, 24 jam bisa diakses, tanpa pagar! Taman aktif, bukan taman pasif, bos.. Taman yang bisa disentuh dan diraba, bukan cuma dilirik.

Moga-moga penanganannya benar dan berkelanjutan. Pedagang kaki lima dibatasi, parkir mobil dan sepeda motor ditata dan tidak mengganggu traffic sekitarnya. Mumpung masih baru, jangan ragu untuk usir kaki lima yang permanen.


No comments:

Post a Comment