Wednesday, July 1, 2009

OVOP (One Village One Playground)

Minggu, 24 Mei 2009, 11:48 WIB, Babakan Asih RT. 04

OVOP adalah sebuah Company Social Responsibility, apapun namanya, yang penting kelompok yang mampu bisa menolong kelompok kurang mampu dan membutuhkan dengan 'ikhlas', kepuasan batiniah, spritual. Namanya negara berkembang, dana selalu jadi masalah, entah kekurangan, atau kurang adil distribusinya.

Tidak seperti peminta-minta atau pengemis, CSR tidak memberikan uang mentah, tapi sebaiknya sistem yang berkelanjutan. Sesuai bidangnya, kita-kita memberikan bantuan akses kapital dan dana serta bantuan teknis dalam perbaikan kampung kota. Memberikan pemahaman menyeluruh, bahwa infrastruktur kota sebaiknya bagaimana dengan kekuatan swadaya masyarakat. Tidak ada uang titipan politikus dan calon politikus supaya dipilih di lembaga legislasi.
Perbaikan tidak hanya objek benda matinya tapi juga 'kebiasaan'. Yang ini sulit, karena butuh pendampingan bertahun-tahun dan harus strategis disamping harus praktis.

Selama 2-3 bulanan, masyarakat setempat bersemangat untuk memperbaiki kampungnya. Milik bersama, untuk bersama, dipelihara bersama. Program yang sudah jalan: penambahan sumur resapan untuk mengurangi banjir air limpasan, pembelian tanah untuk ruang terbuka publik, penghijauan, inisiasi program-program per keluarga untuk kebersihan dan penghijauan rumah, pengecatan dan pembuatan mural (beautification) di dinding-dinding gang dan jalan.

Yang masih menunggu kapital adalah perbaikan permukaan gang dan jalan (paving), pembuatan rumah bersama untuk perpustakaan kecil, tempat workshop ataupun sosialisai warga, pembuatan taman bermain anak-anak.

Masih banyak ternyata....












No comments:

Post a Comment